KPU KEPRI: DPTHP-2 PEMILU 2019 DITETAPKAN


Tanjungpinang, Detik Investigasi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2) pemilu tahun 2019, di hotel CK Tanjungpinang, Rabu (12/12).
Dalam rapat pleno terbuka tersebut KPU menetapkan sebanyak 1.229.424 pemilih dengan rincian 619.882 pemilih laki-laki dan 609.542 pemilih perempuan, yang tersebar di 7 kabupaten/kota Provinsi Kepri.

Sedangkan pemilih penyandang disabilitas sebanyak 1.940, terdiri dari tuna daksa senyak 441 pemilih, tuna netra sebanyak 204 pemilih, tuna rungu/wicara sebanyak 380 pemilih, dan tuna grahita sebanyak 419 pemilih, serta disabilitas lainnya sebanyak 496 pemilih.
Salinan berita acara rekapitulasi DPTHP-2 hasil perbaikan kedua tersebut dibacakan oleh Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati, SE., MM. di hadapan peserta pleno yakni, DPW/DPD parpol peserta pemilu, calon DPD, Bawaslu Kepri, KPU kab/kota se- Kepri, serta perangkat pemerintah tingkat Provinsi Kepri.

Ketua KPU Provinsi Kepri ibu Sriwati,serta anggota Arison, s.Pt, MM, Parlindungan Sihombing, S,.Sos, Pryo Handoko,vs.aP., MA, Widoyono Agung Sulistiyo , s.t.
Ibu Sriwati menuturkan, perubahan daftar pemilih tetap itu berdasarkan beberapa hal, di antaranya pendaftaran pemilih baru yang sebelumnya tidak terdaftar dalam DPTHP-1 dan adanya calon pemilih yang meninggal serta lainnya.

Data baru yang masuk itu, diolah dan disandingkan dengan data yang lama, untuk menghindari pemilih ganda. KPU juga mencoret pemilih dari DPTH-1 yang dinilai tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU memastikan DPTHP-2 yang ditetapkan dipastikan sebagai daftar pemilih akhir yang digunakan untuk Pemilu 2019.
“Kita tinggal menunggu pleno daftar pemilih perubahan dan daftar pemilih khusus,” kata dia.
Sementara itu, rapat pleno penetapan DPTHP-2 relatif berjalan lancar dengan beberapa pertanyaan dari Bawaslu dan perwakilan partai peserta Pemilu. (Marudut).
Share on Google Plus

About Detik Investigasi

0 komentar:

Posting Komentar