Ibu Risdiana Wiryatni Punya Catatan, Renungan Sumpah Pemuda Dengan Tema Jangan Lupakan Sejarah

Detikinvestigasi.com.Jakarta.

Sejarah itu penting. Dari sejarah, kita dapat menarik pelajaran dan sangat mungkin merangkainya menjadi sebuah konstruksi pemikiran yang begitu berarti bagi kita hari ini. Bung Karno pernah mengingatkan kita agar tidak melupakan sejarah, Jasmerah ( Jangan sekali-kali melupakan sejarah ).
Merekonstruksi sebuah konstruksi pemikiran dari perjalanan sejarah sebuah bangsa, adalah sesuatu yang sangat menarik dan menantang. Kita akan terprovokasi dengan gagasan-gagasan baru, bagaimana membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Kekuatan gagasan, yang kerapkali sebenarnya sederhana saja sepanjang mengikuti garis logika – membuka pikiran, membuka pintu bagi trouble shooting. Pemecahan masalah, seringkali terjadi dengan cara dan pikiran sederhana.

Ada kalanya sebuah pemikiran tidak terformulasi secara sekaligus dalam satu masa, melainkan terkadang terserak-serak dalam moment-moment yang tidak beraturan dan seri kali, bahkan muncul secara sporadic, tidak terencana.

Kembali pada tujuan kita dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, disadari atau tidak, kita telah abai terhadap perjuangan para pemuda-pemudi 94 tahun lalu, yang mengikrarkan untuk bersatu, memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah.

Namun pengingkaran terhadap nilai-nilai persatuan itu terjadi manakala kita melihat sesama anak bangsa di media sosial, saling caci, saling hujat, saling menjatuhkan, hanya untuk kepentingan-kepentingan politik.
Wajah media sosial kita, bertahun-tahun saling mencela, menghujat, memfitnah, mencemooh, ujaran kebencian. Apakah ini mau kita teruskan? Sungguh miris. Ruh dalam hidup berbangsa dan bernegara nyaris hilang, hanya tinggal sisa-sisa bayangan tanpa makna.

Manakala kita abai dan melupakan sejarah, maka kita akan kehilangan kompas hendak kemana kita menuju. Ini berlaku tidak hanya pada diri kita selaku individu, namun apalagi sebagai bangsa, aspek sejarah dan kesejarahan menjadi sangat penting dan mutlak dibutuhkan dalam mencari sandaran dan pegangan di kala kita merasa telah kehilangan pegangan atau kehilangan orientasi ketika kita menghadapi berbagai masalah yang menyentuh dan mengoyak kesadaran kita sebagai bangsa.

Indonesia, adalah sebuah bangsa dan Negara yang besar yang telah melalui perjalanan sejarah yang sangat panjang, bahkan ribuan tahun yang lalu, eksistensi manusia yang menempati gugusan pulau di antara ( Nusa – antara, Nusantara ) dan benua ( Asia dan Australia ) dan dua Samudera ( Hindia dan Pasifik ), sudah eksis dan telah melahirkan peradaban yang sangat besar.

Kebesaran kita, sebagai sebuah bangsa, kini mulai dipertanyakan kembali. Hal ini terlihat, dengan mulai lunturnya nasionalisme kita, memudarnya komitmen kebangsaan kita, dan rapuhnya persatuan dan kesatuan kita. Dan rasa senasib, sepenanggungan kita dalam rumah besar Indonesia, mulai terkoyak. Sebagai anak bangsa, kita nyaris tidak percaya kepada kekuatan diri sebagai suatu bangsa, kita seakan tidak dapat berdiri sebagai bangsa yang merdeka.

Kita seperti berada dalam sebuah ruang yang gelap gulita. Berada dalam sebuah ruang gelap, cenderung menghadirkan rasa bingung, bahkan kepanikan. Tanpa pengenalan ruang, orang sulit, bahkan mungkin tak kan tahu apa yang harus dilakukan di dalam kegelapan itu.
Namun, begitu ada yang menemukan tombol penerangan, menyalakan lampu, efek cahaya akan memicu pemikiran, inspirasi dan kreatifitas mengenai apa yang harus dilakukan.

Mari kita berbenah diri kembali, kita rajut kembali nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dan kita transformasikan untuk generasi muda kita, anak cucu kita, agar rumah besar kita Indonesia bisa tetap berdiri kokoh.

Pun demikian kepada partai politik dan para politisi, beri pelajaran kepada masyarakat mengenai etika sopan santun dalam berpolitik dengan menghentikan maraknya saling cela di kalangan masyarakat. Partai politik punya kewajiban untuk menyetop ini.
Partai politik harus membimbing warga agar tidak saling curiga, mudah memaafkan, dan berpikir positif, sehingga negara ini betul-betul terbawa dalam suasana yang optimistis menuju lebih baik.

Mari kita merekonstruksi kembali komitmen kebangsaan kita, jangan larut menjadi generasi yang durhaka. Negeri ini, diamanahkan oleh Tuhan, melalui leluhur kita pendiri bangsa ini, untuk kita, untuk anak cucu kita, dan generasi-generasi setelahnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *