Posyandu Rutin Setiap Bulan Di Kampung Mekar Indah Jaya Terus Ditingkatkan.

Detikinvestigasi.com.Tulang Bawang.
Kegiatan Bidan Desa dan Kader Posyandu Kampung Mekar Indah Jaya,Kecamatan Banjar Baru,Kabupaten Tulang Bawang, merupakan upaya untuk memudahkan masyarakat sekitar dalam memperoleh pelayanan kesehatan seperti ibu hamil,anak usia dini(Balita)dan pemberian obat untuk Lansia,upaya tersebut terus di tingkatkan.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan,atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Bibah Rukmayah, A.Md.Keb.selaku bidan desa kepada awak media mengatakan,”Kami bidan desa dan kader-kader posyandu setiap bulannya rutin mengadakan kegiatan posyandu,dalam satu bulan kami adakan tiga kali kegiatan,setiap tanggal 8 di jatwalkan untuk posiandu balita,tanggal 12 untuk posyandu bumil dan tanggal 13 untuk lansia.”Kata Bibah Rukmayah.

“Dijelaskannya,”Kegiatan posyandu Kampung Mekar Indah Jaya,terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan utama posyandu :

1.Pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi.

2.Menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin.

3. Pelayanan Keluarga Berencana (KB)

4. Imunisasi.

5. Pemantauan status gizi.

6. Pencegahan dan penanggulangan diare
Pencegahan diare dilakukan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sedangkan, penanganan diare dilakukan melalui pemberian oralit.

Sementara itu, kegiatan pengembangan posyandu mencakup Bina Keluarga Balita (BKB), Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan pengembangan tersebut umumnya dilakukan apabila 6 kegiatan utama telah dilaksanakan dengan baik.”Tutup Bibah Rukmayah.

(Agus/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *